Tutorial

Laptop Tiba – Tiba Mati Sendiri : 4 Langkah mengatasinya

Tutorial Memperbaiki Laptop Tiba - Tiba Mati Sendiri

Sebelumnya sudah saya bahas cara mengatasi laptop mati total di artikel berikut ini bisa anda baca disini. Nah karena kerusakan pada kasus ini bermacam – macam penyebabnya dan ciri khasnya maka saya bahas secara terperinci dalam artikel ini. Memperbaiki laptop tiba – tiba mati sendiri bisa sangat mudah juga bisa sangat sulit, semua tergantung penyebabnya. Berikut beberapa penyebab laptop tiba – tiba mati sendiri.

  • Software (OS) Bermasalah.
    Ketika laptop atau komputer kita sofwarenya kurang sehat, contohnya dalam laptop tersebut banyak virus atau aplikasi backdoor yang jalan maka akan meningkatkan penggunakan resource pada CPU atau procesor, sehingga CPU menjadi panas. dan jika hal ini terjadi maka IC sensor suhu akan mendeteksi bahwa suhu mesin di motherboard khususnya CPU di atas batas maksimal yang di setting oleh Pembuat motherboard laptop itu sendiri. Jika Hal ini terjadi maka System akan melakukan Protek dan laptop akan mati seketika. Untuk mengatasi hal semacam ini cukup mudah silahkan cek resource komputer anda jika usage CPU 100% maka cari software atau aplikasi yang menyebabkan ini terjadi. untuk mencarinya di taks manager kalau anda pakai windows sedangkan jika anda pengguna linux cari di system monitor. kalau sudah ketemu perbaiki masalah tersebut atau jalan paling mudah dan cepat instal ulang saja untuk menghemat waktu.
  • Chipset / Procesor (CPU) sudah Lemah.
    Jika Chipset atau CPU mulai lemah maka maka saat komputer atau laptop di gunakan aktivitas agak berat suhu prosesor atau chipset akan meningkat secara drastis. sehingga blok sensor suhu akan melakukan Proteksi dan akibatnya laptop menjadi mati. untuk mengatasi hal seperti ini cukup mudah, jika yang CPU menggunakan socket ganti  saja procesornya, namun jika Procesornya model BGA atau di solder langsung ke PCB maka harus punya alat khusus seperti BGA Rework untuk melepasnya, jika tidak punya ya harus di bawa ke spesialis jasa service laptop.
  • Fan dan Heat Sink (HSF) bermasalah.
    Kasus seperti ini juga sering terjadi dan menyebabkan laptop mati secara tiba – tiba. cara mengeceknya adalah letakan tangan di dekat outuput sirkulasi udara jika udara yang di hembuskan oleh fan terlalu panas segera bogkar laptop anda dan cari apakah Heat Sink sudah aus sehingga tidak menyalurkan panas secara maksimal. Untuk mengetahuinya jika dekat procesor sangat panas namun ujung heat sink masih dingin bisa dipastikan Heat Sink sudah aus dan lakukan penggantian. Atau jika Kipas tidak berputar sama sekali langsung saja ganti kipasnya dengan yang baru. atau Sirkulasi udara pembuangan tersumbat bisa mengakibatkan suhu udara dalam laptop sangat panas, jika demikian bersihkan sampai bersih agar tidak tersumbat.
  • Pasta Procesor Kering atau Thermal Pad Chipset rusak
    Dalam penggunakan laptop yang sudah melebihi 1 tahun kebanyakan Pasta Procesor sudah kering, ataupun Thermalpad pada chipset sudah mulai rusak, lakukan pengecekan pasta procesor dan thermal pad pada chispet. Jika satu keduanya bermasalah lakukan penggantian.

Baca juga :

Demikian artikel yang dapat saya share berdasarkan pengalaman menekuni Jasa Perbaikan Laptop. Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa share ke media sosial kalian dan berkomentar di bawah ini jika ada pertanyaan seputar kerusakan laptop.

Berbagi itu indah.

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close