Tutorial

Tarif Jasa Service Laptop Berbagai Kerusakan

Daftar Tarif Jasa Service Laptop

Berapa sih normal atau standartnya tarif jasa service laptop ?? Pertanyaan ini mungkin sering muncul di benak banyak orang yang sedang mengalami problem pada laptopnya. pada kesempatan kali ini saya akan mengulas berapa sebenarnya tarif normalnya ongkos service laptop. Pertama – tama kita mesti pelajari dulu dalam bidang apa usaha jasa service laptop. Jasa Service Laptop merupakan salah satu usaha yang bergerak dalam bidang jasa dan pelayanan. maka dari itu tidak pasti berapa besarnya tarifnya, Jadi asal kedua belah pihak sama – sama ikhlas, senang dan saling di untungkan. Seperti hukum pasar jika penjual jasa melakukan penawaran terlalu tinggi maka efeknya colon pelanggan akan lari, sedangkan jika terlalu murah si penjual jasa juga tidak akan dapat profit.

Menurut survei yang saya dapat perbedaan tarif atau ongkos jasa service laptop di pengaruhi oleh sebagai berikut.

Tempat atau Lokasi
Tempat atau lokasi juga sangat berpengaruh untuk menentukan berapa tarif yang akan di charger si penjual jasa kepada pelangganya. Jika tempatnya semakin mewah ada kemungkinan sedikit lebih mahal, namun selisihnya tidak banyak. Contohnya jika sobat membeli barang di pinggir jalan dengan barang yang sama, Pabrik sama, tahun pembuatan sama kadang harganya beda.

Profesionalisme
Jasa yang bagus dan berkualitas dengan jaminan yang menjanjikan seperti garansi dan sebagainya juga bisa menentukan perkiraan tarif yang akan di patok oleh pelaku usaha jasa service. Misal nih orang yang lagi belajaran kadang ada yang tidak meminta ongkos service, ada yang cuma minta uang rokok saja, ada pula yang meminta onkos tapi murah sekali. Karena dia masih berfikiran untuk proses belajar dan memperdalam skill, sedangkan target utamanya untuk sementara ini bukan profit. semakin banyak dapat kelinci percobaan semakin untung pula dia untuk kedepan, yaitu menambah jam terbang dan memperdalam pengalamanya. Suatu saat dia pasti akan memberlakukan tarif normal jika itu pekerjaan utamanya, beda lagi kalau itu pekerjaan sampingan. Sedangkan yang PRO alias Teknisi Profesional, Tarifnya standart dan normal sesuai lokasi atau daerah masing – masing.

Dari uraian di atas dapat di simpulkan Harga Jasa Service Laptop Tergantung kesepakatan antara penjual jasa Service dan Pelangganya besaranya sesuai daerah dan lokasi masing – masing. dan untuk pastinya bisa langsung di tanyakan ke penjual jasanya. : -)

Nah berikut saya kasih perkiraan biaya service laptop berbagai kerusakan.
1. Kerusakan Software tarif ongkos service antara Rp. 50.000,- sampai Rp. 200.000,- unutk kategori ESTEH (Gratisan). Untuk yang Non ESTEH relative tergnatung harga softwarenya.

2. Kerusakan Hardware (banyak macamnya) antara lain :

  • Tarif Service Laptop Mati Total
    Kerusakan mati total kerusakan pada motherboardnya. Tarif ongkos service laptop mati total berkisar Rp. 350.000,- sampai 10 Jutaan tergantung tipe laptop anda, Jika laptop Gamer high end misalnya harga beli barunya di atas 20 juta pastinya saat mati total biayanya di atas 1 juta lebih, namun jika laptop low end yang harga secondnya saja  antara 1,5 juta sampai 2 juta paling ya sekitar 350 ribu sampai 750rb tergantung tingkat kesulitan pengerjaanya beserta harga sparepartnya. jadi harga relative tergantung kesepakatan User sama penjual jasa saja. Tipsnya kalau mau biaya service murah laptopnya cari yang jelek atau laptop murah saja, namun jika laptop anda laptop mahal jika rusak ya jangan ngeluh kalau tarifnya mahal. Sebab tiap part laptop beda harga juga.
  • Tarif Service Laptop No Display nyala namun tidak ada tampilan di layar
    Hampir sama kaya mati total kerusakan paling banyak ada di motherboard, jika kerusakan di motherboard tarifnya biasanya lebih mahal karena biasanya kerusakan ada di Chipset atau single chips. namun ada juga sebagian kerusakan di LCD atau kabel fleksibel. untuk kasus kena Chispetnya rata2 di atas 500 ribu, jika fleksibelnya 200 ribu sampai 300 ribu. Dan untuk yang kena LCDnya ya di atas 600 ribu tergantung harag part LCD juga.
  • Tarif Service Laptop No Charger atau Tidak bisa Isi baterai.
    Hampir mirip dengan mati total tarifnya 350 ribu lebih.
  • Tarif Service Keyboard Keyboard rusak sekitar 150 ribu sampai 600 ribu tergantung harga partnya dan jenis kerusakanya karena bisa rusak keyboardnya bisa rusak mainboarnya
  • Tarif Service Laptop Touchpad rusak kurang sekitar 250 ribu
  • Tarif Service Laptop Engsel rusak 150 ribuan
  • Tarif Service Laptop USB tidak deteksi Flashdisk atau Hardisk External (USB no Detect) masih termasuk perbaikan motherboard bisa murah bisa mahal,, jika kerusakan pada Chipsetnya ya mahal 600 ribu lebih, kalau cuma Socket atau Blok Power USB lebih murah sekitar 350 ribuan
  • Tarif Service Laptop Hardisk Tidak Terdeteksi atau Hardisk No Detect Mirip USB No detect jika kena chipsetnya ya mahal tapi kalau hardisknya yang rusak ya cukup di perkirakan harga Hardisk baru + Ongkos service kira – kira 600 ribuan
  • Tarif Service Laptop nyala sebentar mati lagi. ada dua macam ringan 350 ribuan kalau chipsetnya yang kena 600 ribu lebih
  • Tarif Service Laptop bluescreen relatifve soalnya kasus BSD ini macam – macam penyebabnya
  • Tarif Service Laptop sering Restart sendiri ini juga relative tergantung kerusakanya di Hardware atau Software
  • Tarif Service Laptop Lemot kalau kerusakan di Sofware 50 ribu sampai 300 ribu, namun kalau hardisknya sudah waktunya minta di ganti ya sekitar 600 ribuan.

Dan masih banyak lagi kalau di kupas terlalu dalam, bisa capek nulisnya. 😀

CATATAN:
Intinya tarif atau ongkos jasa service laptop itu bervariasi karena dengan gejala yang sama belum tentu penyakitnya sama. Jadi perlu komunikasi yang bagus antara tukang servicenya dan Pelanggannya. Yang paling penting Tukang servicenya amanah dan customernya Ikhlas dan tidak pelit. alhasil keduanya sama – sama untung. 😀

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close